Senin, 02 Maret 2015

10 solusi efektif untuk menghilangkan jerawat

10 solusi efektif untuk menghilangkan jerawat dewasa. Ketika jerawat tidak bisa berhenti
Studi tahun 2012 dalam Jurnal Kesehatan Wanita ( Journals of Women's Helath ) melaporkan bahwa jerawat mempengaruhi sebagian besar wanita pada usia 21-30, setengah dari wanita berusia 31-40, dan sepertempat wanita di usia 41-50. Tak peduli berarapun usia kita, jerawat akan tumbuh dengan cara yang sama: pori-pori yang menghasilkan minyak tersumbat, bakteri dan kotoran datang, jadilah jerawat.

Mengapa itu Terjadi
Bagi sebagian besar wanita, perubahan hormonal baik karena silus bulanan atau menopause adalah pelaku utama penyebab jerawat. Tetapi sebetulnya ketidakseimbangan diet dan stress juga bisa memperparah.

Dalam tulisan ini kami ingin berbagi solusi untuk menghilangkan jerawat.
Cara baru: kurangi karbohidrat olahan
Makan coklat atau junk food tidak secara langsung menyebabkan jerawat, tetapi diet tidak seimbang dan makan terlalu banyak karbohidrat olahan dapat menyebabkan jerawat. Pada tahun 2007, para peneliti Australia menemukan bahwa orang-orang yang melakukan diet rendah GI (Glycemic Index) mencatat penurunan sebanyak 22% dalam kasus jerawat. Sementara orang-orang yang mengkonsumsi makanan tinggi GI, ditemukan peningkatan tingkat insulin dari karbohidrat yang memicu pelepasan hormon yang menyebabkan peradangan folikel dan meningkatkan produksi minyak di wajah.

Cara baru: Kurangi Susu
Penelitian di Harvard tahun 2006 menemukan bahwa anak perempuan yang minum 2 gelas atau lebih susu dalam satu hari memiliki resiko berjerawat 20% lebih tinggi dibanding mereka yang minum susu segelas dalam seminggu.

Cara Baru: Terapi cahaya biru
Cahaya yang kuat ini menembus folikel untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Pada kasus yang parah, terapi fotodinamik menambakan larutan topikal yang disebut levulan  pada terapi cahaya biru ini. Namun terapi ini bisa menyebabkan kemerahan pada kulit wajah sementara.

Cara baru: Obat yang sama dengan penggunaan berbeda.
Sejak lama telah digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, obat Aldactone ternyata dapat digunakan sebgai obat untuk menghilangkan jerawat. Obat ini( diminum ) menutup penerima hormon androgen, sehingga membantu membatasi lonjakan hormon testosteron yang menyebabkan jerawat.
PERHATIAN: Hati-hati dalam penggunaan obat ini harus dalam pengawasan dokter ya.

Alami: Minyak Pohon Teh
Tidak terlalu menyebabkan iritasi dibandingkan sepupunya yang si bahan kimia benzoil peroksida, minyak pohon teh ini memiliki sejarah panjang dalam melawan jerawat yang ringan sampai moderat. Minyak,  yang berasal dari daun tanaman asli Australia, mempunyai kemampuan antiseptik yang membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan pada sel kulit.
Minyak pohon teh ( Tea Tree Oil ), dapat ditemukan dalam berbagai varian sabun, pembersih wajah dan larutan topikal. Carilah yang mengandung konsentrasi minimum 5%.

Alami: Kurangi garam
Beberapa dokter menduga Sodium memiliki pengaruh pada kulit, karena yodium yang banyak ditemukan pada garam meja dan beberapa macam seafood dapat memperburuk jerawat. Jaga konsumsi garam di bawah 1500 mg sehari.

Alami: Manajemen Stress
Stress tidak menyebabkan penyakit kulit, tetapi stress bisa menyebabkan penyakit kulit yang sudah ada menjadi lebih buruk. Hormon stress seperti cortisol meningkatkan peradangan dalam tubuh dan merangsang kelenjar minyak. Menenangkan saraf dengan latihan dan meditasi akan membantu menenangkan kulit Anda juga.

Terbukti dan teruji: Antibakteri topikal dan retinoid
Untuk jerawat ringan sampai sedang, para ahli kulit menyarankan pembersih dengan benzoil peroksida pembunuh bakteri ( untuk meminimalkan iritasi, gunakan yang 10%), bersamaan dengan resep anti mikroba seperti Clindamycin atau Erythromycin. Pada kasus yang lebih parah bisa menggunakan retinoid yang merupakan standar sebgaian besar perawatan untuk menghilangkan jerawat. Retinoid mempunyai sifat anti kerut, sehingga umum digunakan penderita jerawat yang sudah dewasa.

Terbukti dan teruji: Asam Salisilat
Ini adalah yang paling populer diguakan dalam perang menghadapi jerawat. Asam salisilat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Untuk menghindari kulit terlalu kering, gunakan formula khusus untuk orang dewasa ( kandungan 2% asam salisilat ).














Tidak ada komentar:

Posting Komentar