Selasa, 17 Maret 2015

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

Bagaimana cara agar cepat menghilangkan jerawat.  Jerawat merupakan kondisi kulit normal yang mempengaruhi banyak orang di dunia. Jerawat adalah terjadinya peradangan pada kulit di mana kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) terinfeksi bakteri, lalu membengkak, kemudian terisi oleh nanah. Sekresi sebum berlebih oleh kelenjar minyak inilah aktor utama di balik masalah ini. Jerawat pada umumnya terjadi di wajah, leher, balik punggung dan bahu. Walaupun bukan kondisi kritis dan membahayakan nyawa, jerawat bisa membuat seseorang merasa sedih dan malu karena penampilannya.

Banyak sekali lotion dan obat-obatan dijual di pasar untuk menghilangkan jerawat, tetapi mereka butuh waktu. Sudah banyak metode alami yang efektif menghilangkan jerawat dalam waktu yang relatif singkat.

Berikut ini berbagai cara alami menghilangkan jerawat dengan cepat.
1. Es batu
Es batu dapat digunakan menghilangkan jerawat dengan cepat. Hal ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area yang berjerawat, membekukan pori-pori kulit, mengangkat kotoran dan minyak yang terakumulasi pada kulit. Anda dapat menggunakan es batu utuh atau yang dihancurkan, terserah mana yang Anda nyaman.

Bungkuslah es batu dalam sepotong kain, tempel pada daerah yang berjerawat selama beberapa detik saja.
Tunggu beberapa menit lalu ulangi lagi prosesnya.

Jika digunakan berulang beberapa kali pada jerawat sepanjang hari, batu es dapat membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan dan dengan segera menenangkan kulit Anda.


2. Lemon
Cara lain yang juga bisa menghilangkan jerawat dengan cepat adalah menggunakan jus lemon yang kaya dengan vitamin C. Jus lemon membantu mengeringkan jerawat lebih efektift. Disarankan gunakan jus lemon segar bukan jus botolan yang ada pengawetnya. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menerapkan lemon.
Malam hari sebelum tidur:
Celupkan kapas dalam larutan jus lemon segar dan oleskan pada jerawat.

Anda juga bisa membuat pasta dengan mencampurkan 1 sdm jus lemon dengan 1 sdt kayu manis bubuk, lalu oleskan pada jerawat dan diamkan semalam. Pagi hari, bersihkan wajah dengan air hangat kuku. Walaupun terbukti efekti, cara ini tidak cocok bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

3. Madu
Madu merupakan antibiotik alami yang bisa mempercepat proses penyembuhan jerawat, serta membantu mencegah infeksi.
Celupkan kapas ke dalam madu, Letakkan langsung di area jerawat dan biarkan selama setengah jam saja. Setelahnya bersihkan wajah dengan air hangat kuku.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan madu dan kayu manis sehingga menjadi pasta, lalu oleskan pada jerawat sebelum tidur. Anda akan bangun di pagi hari dan merasa peradangan dan pembengkakan sudah berkurang. Cuci wajah dengan air dingin.

4. Pasta Gigi
Pasta gigi yang setiap pagi Anda gunakan untuk membersihkan gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Paling efektif bila dilakukan setelah terapi dengan es batu. Untuk melakukannya, gunakan pasta gigi putih, jangan menggunakan pasta gigi gel.

Caranya:
Oleskan pasta gigi putih di daerah kulit yang berjerawat sebelum tidur.
Di pagi hari, cuci wajah dan Anda pasti melihat hasil yang signifikan dan berkurangnya pembengkakan.

Jika ingin, Anda dapat mengulang proses ini siang hari. Sebelumnya. pastikan bahwa pasta gigi tetap menempel pada jerawat selama paling tidak setengah jam.

5. Uap
Penguapan bagus untuk kulit Anda setiap saat, terutama ketika jerawatan. Uap air akan membuka pori-pori kulit dan memberi kesempatan kulit untuk bernapas. Ini membantu membersihkan minyak, kotoran juga bakteri yang tejebak dalam pori-pori yang menyebabkan infeksi dan peradangan.

Caranya:
Isi baskom dengan air panas dan biarkan uap untuk mengenai langsung wajah Anda selama beberapa menit.
Bilas wajah dengan air hangat,  dan setelah kering Oleskan pelembab tanpa minyak.
Perawatan ini juga memberikan kulit Anda lebih bercahaya dan nampak indah.

6. Bawang putih
Bawang putih mengandung zat antivirus, antiseptik, antijamur, dan antioksidan yang bisa membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Sulfur yang ada dalam bawang putih juga mempercepat penyembuhan jerawat.

Caranya:
Potong bawang putih segar menjadi 2 potong.
Gosokkan pada jerawat dan diamkan selama lima menit, setelah itu cuci kulit dengan air hangat kuku.
Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Mengkonsumsi 1 siung bawang putih mentah tiap hari juga bisa membantu membersihkan darah. Tetapi jangan makan terlalu banyak karena dapat mengganggu lambung Anda.

7. Baking Soda
Baking soda merupakan pilihan yang cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif karena tidak akan menyebabkan iritasi kulit.

Caranya:
Buat pasta tebal dengan mencampurkan 1 sdt baking soda dengan air bersih atau jus lemon.
Bersihkan wajah Anda, biarkan agak lembab sedikit, lali oleskan pasta di daerah yang berjerawat dan biarkan kering selama 1-2 menit saja. Jangan biarkan baking soda menempel di kulit Anda terlalu lama karena bisa menyebabkan kekeringan.
Bersihkan wajah dengan air hangat dan oleskan pelembab.
Ulangi 2 kali sehari agar hasilnya cepat.

8. Peppermint
Peppermint merupakan herbal kuat yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Efek mentol yang menenangkan dan meredakan membantu mengurangi iritasi dan kemerahan karena jerawat. Kemampuan Antivirus dan antibakterinya juga membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya:
Lumatkan beberapa lembar daun peppermint lalu ekstrak menjadi jus.
Oleskan jus ini dengan lembut pada jerawat dan diamkan selama 10 menit.
Cuci wajah dengan air dingin.

Kalau tidak ada daun peppermint segar, gunakan minyak peppermint, yang mengandung sejumlah vitamin dan asam lemak esensial. Ambil 2 atau 3 tetes minyak peppermint dan oleskan pada jerawat. Pijat selama beberapa menit kemudian bilas dengan air.

9. Mentimun
Mentimun adalah sumber yang banyak mengandung kalium dan vitamin A, C, dan E. Juga mepunyai efek mendinginkan dan menenangkan untuk kulit.

Caranya:
Potong 1 atau 2 mentimun segar dan rendam dalam air selama satu jam. Nutrisi penting vitamin A, klorofil dan kalium akan
pindah ke dalam air.
Saring lalu minum airnya, atau gunakan untuk mencuci muka.
Bisa dibuat masker dengan menggiling sebuah mentimun, kemudian oleskan ke wajah dan biarkan kering selama 15 menit. Setelahnya cuci wajah Anda dengan air hangat. Hal ini akan membantu membersihkan kotoran dan bakteripori-pori kulit Anda.

10. Pepaya
Buah pepaya memiliki banyak nutrisi yang membantu dalam pengobatan untuk menghilangkan jerawat. Pepaya adalah sumber alami antioksidan vitamin A, dan enzim yang mengurangi radang dan membuat kulit menjadi halus dan lembut. Selain itu, kemampuan pengelupasan pepaya akan melenyapkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Yang penting juga adalah mudah dilakukan- cukup hancurkan pepaya untuk mengekstrak jus nya dan oleskan pada jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar